Indonesia Cement Association : PT SEMEN PADANG, PT SEMEN GRESIK Tbk, PT SEMEN TONASA, PT HOLCIM INDONESIA Tbk, PT INDOCEMENT TUNGGAL PRAKARSA Tbk, PT SEMEN BATURAJA, PT LAFARGE CEMENT INDONESIA, PT SEMEN KUPANG, PT SEMEN BOSOWA MAROS.

Ofical InternationalBacground ICAVision and Mission


Beranda » Economy » Calon-calon Investor Baru Pada Industri Semen



Senin, 11 Juni 2012 - 15:54:20 WIB
Calon-calon Investor Baru Pada Industri Semen
Posted by : Administrator
Category: Economy - Read: 8148 timer

Tingginya peningkatan konsumsi semen di dalam negeri terutama yang terjadi pada tahun 2011 hingga menjelang pertengahan 2012 ini, membuat beberapa produsen di Indonesia terus berlomba meningkatkan kapasitas produksinya dengan membangun beberapa unit pabrik baru yang diharapkan dalam 2-3 tahun kedepan dapat beroperasi dengan normal dan bisa berproduksi untuk memenuhi kebutuhan semen di dalam negeri.

Pada tahun 2012 ini, jumlah kapasitas terpasang yang ada adalah sebesar 56,82 juta ton, kebutuhan semen di dalam negeri diperkirakan akan mencapai 52,8 juta ton. Dalam tiga tahun kedepan jika rata-rata kebutuhan semen mengalami pertumbuhan sebesar 10% setiap tahunnnya maka diperkirakan pada tahun 2015 kebutuhan semen akan mencapai 70,2 juta ton.

Jika kita lihat dari beberapa data tersebut diatas, maka jika dalam 3 tahun kedepan di Indonesia tidak ada penambahan kapasitas terpasang dari pabrik yang ada maka bisa dipastikan Indonesia akan mengalami ‘shortage’ atau krisis semen, mengingat pembangunan yang sedang berlangsung sekarang ini begitu pesat dan dalam waktu yang bersamaan dengan skala yang besar, belum lagi tingkat kebutuhan akan properti yang semakin tinggi.

Selain dari pabrikan yang ada sekarang ini, beberapa investor baru tampaknya juga akan meramaikan industri semen di tanah air, antara lain adalah (daftar dihimpun dari berbagai sumber) :
 

No.

Nama Pemilik Proyek / Investor

Kapasitas/tahun

Lokasi

1

China Anhui

10 juta ton

Kalsel/Kaltim/Kalbar/Papua Barat

 

 

2,5 juta ton

Tanjung, Kalsel

2

China Trio Int. Engineering Co. Ltd

1,5 juta ton

Subang, Jabar

3

(SDIC) State Development and Investment Cooperation

1 juta ton

Papua

4

Siam Cement Group – Thailand

(Akuisisi Boral/Jaya Readymix)

1,8 juta ton

Sukabumi, Jabar

 

 

1,2 juta ton

Bayah, Banten

5

Paku Bumi / Semen Karawang

PT Jui Shin Indonesia

2,5 juta ton

Karawang, Jabar

6

PT Semen Grobogan /

Gajah Tunggal (China Triumph Int Eng Co Ltd – CTIEC)

1,5 juta ton

Grobogan, Jateng

7

Wilmar Group

2 juta ton

Banten

8

Ultra Tech Cement – India

4 juta ton

Wonogiri, Jateng


Apabila dari seluruh proyek-proyek tersebut berjalan, maka di Indonesia akan ada penambahan kapasitas terpasang industri semen menjadi sebesar lebih kurang 80 juta ton. Jumlah tersebut akan mencukupi kebutuhan semen di dalam negeri atau bahkan sisanya bisa untuk memenuhi pasar ekspor.
 

___________________________________________________________________

Linked News